Dalam proses pendidikan, umumnya para ahli pendidikan mengklasifikasikan tipe hasil belajar siswa menjadi tiga aspek ; yaitu kognitif (pengusaha intelektual), Afektif (berhubungan dengan sikap dan nilai), Psikomotorik (Kemampuan, keterampilan, bertindak, berprilaku). Menurut Nana Sujana (2002:49) ketiga aspek tersebut tidak dapat dipisahkan, bahkan membentuk hubungan hirarki. Sebagai tujuan yang hendak dicapai ketiganya harus nampak sebagai hidup belajar siswa dari proses pengajaran di sekolah.
Muhibbin Syah (2001:150) menyatakan bahwa pokok untuk memperoleh ukuran dan data hasil belajar siswa adalah mengetahui garis-garis besar indikator (petunjuk adanya prestasi tertentu) terlebih dahulu. Disini penulis hanya akan mengungkapkan indikator-indikator dari tipe hasil kognitif yang menyangkut kepada hasil prestasi siswa dari mata pelajaran pendidikan agama islam sesuai dengan indikator yang akan digunakan dalam penelitian. Diambil dari pendapat Taksonomi Bloom yang dikutip Uzer Usman (2001:34) yaitu : (a) Kognitif pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi), (b) afektif (penerimaan, memberi respon, penilaian, pengorganisasian, karakterisasi). (c) Psikomotor (Peniruan, manipulasi, ketetapan, artikulasi, dan pengalamiahan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar